Review Blog: Langkah Catatanku

Ini kali ketiga saya membuat blog review, 2 blog review sebelumya adalah Kuis Hari Jengkol dan Giveaway Susindra, dan dari ikutan kedua kontes blog tersebut saya mendapatkan hadiah. Jadi saat mendapatkan undangan/tawaran dari Idah untuk ikutan di GA yang diadakannya maka saya memilih kategori 2.

Langkah Catatanku, Idah memberi judul blognya, telah jelas kalau isi postingannya mengindikasikan cerita-cerita pengalaman Idah selama ini, para blogger pun bisa mengambil manfaat dari membaca artikel blog berheader awan, kupu-kupu, dan tanaman dengan latar belakang biru disertai polkadot warna putih ini.

Coba perhatikan kalimat yang saya comot dari artikel Give Away Langkah Catatanku dibawah ini.

” Selamat pagi dan selamat datang di penghujung tahun. Udara pagi ini sungguh segar ya, Temans. Siapa yang pagi ini jogging? Semoga teman semua dalam keadaan sehat wal afiat di pagi ini…aamiin.

Entah sudah berapa langkah yang telah kulalui dalam setahun ini. Tahun 2011 merupakan tahun yang sangat berarti dalam hidup saya. Tahun yang yang penuh dengan kenangan manis, semanis zumi zola. Syukur Alhamdulillah, senantiasa saya ucapkan atas nikmat Tuhan yang tidak terhingga ini.

Ceritanya tuh,dan selanjutnya yang tidak saya kutip.

Kata-kata yang saya beri cetak tebal dan warna merah, ada kesalahan dalam penulisannya dan tidak konsisten dalam penulisan aku dan saya.

Langkah Catatanku didirikan pada tanggal 1 Desember 2011, dengan tidak adanya sidebar arsip, maka saya tidak bisa mengetahui seberapa banyak artikel yang telah diterbitkan sejak berdiri dan setiap bulannya.

Kinerja Blog

Google PageRank

Banner yang dipasang di sidebar, tampak bahwa Google PageRank blog ini adalah 2/10. Cukup bagus untuk sebuah blog yang berusia 1 tahun.

Alexa Traffic Rank

Traffic rank blog ini cukup bagus karena angkanya sudah ratusan ribu (Global Rank 738,365). Peringkat Indonesia berada pada posisi 10,788, dan reputasinya adalah 421 (site linking in).

Tampilan Blog

Tema

Blog Langkah Catatanku ini sama seperti blog My Online Diary = blog saya yaitu blog gratisan sehingga tema yang digunakan menjadi terbatas, maklum yang namanya blog gratisan tentu berbeda fasilitasnya dengan blog berbayar, maka pengguna blog gratisan tidak ada pilihan lain selain menggunakan tema yang disiapkan pihak WordPress.com. Idah memilih tema Mystique oleh digitalnature.Tema ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk mengubah tampilan header and background  sesuai selera pengelola blog.

Halaman

Halaman blog diisi dengan data yang dibutuhkan oleh pengunjung seperti buku tamu dan tentang data pemilik blog, serta dua halaman lain sebagai pelengkap yaitu award teman dan blog teman.

Sidebar dan Footer

Idah sepertinya sama seperti saya penyuka keramaian, terlihat dari sidebar dan footernya terisi penuh widget, bahkan menurut saya terlalu ramai. Tentu saja ini akan mempengaruhi kecepatan blog untuk diakses, semakin banyak widget dan segala macam aksesoris blog maka akan semakin lambat sebuah blog untuk diakses oleh pengunjung sebuah blog.

Artikel Blog

Dilihat dari judul artikel dan tag setiap postingan, saya mengira bahwa Idah cukup mengerti tentang SEO karena telah menggunakan keyword yang tidak nyeleneh dan Content is the King yaitu isi artikelnya bermanfaat, mulai dari bab 1 skripsi, Delphi, dan yang lainnya. Telah terbukti dalam waktu 1 tahun usia blognya telah mendapatkan posisi Google page rank dan Alexa rank yang cukup baik.

Setelah mengobrak-abrik kategori yang disediakan di sidebar, saya sangat tertarik dengan artikel Hikmah Membaca Ayat Kursi, di artikel tersebut ditulis sangat lengkap dan detail sekali tentang Ayat Kursi.

Hikmah membaca Ayat Al-Kursi :

  1. Barang siapa membaca ayat Al-Kursi sebelum keluar rumahnya,maka Allah SWT mengutuskan 70.000 Malaikat kepadanya, mereka semua memohon keampunan, mendoakan menjagamu dari semua sisi.
  2. Barang siapa membaca ayat Al-Kursi bila berbaring di tempat tidurnya, Allah SWT mewakilkan dua Malaikat memeliharanya hingga subuh dan akan memelihara rumahnya dan rumah-rumah disekitarnya.
  3. Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir setiap shalat Fardhu, dia akan berada dalam lindungan Allah SWT hingga shalat yang lain.
  4. Barang siapa membaca ayat Al-Kursi di akhir tiap sholat, maka jarak antara kamu dan surga hanyalah kematian. Kamu akan masuk syurga dan Allah SWT akan mengendalikan pengambilan rohnya dan kamu adalah seperti orang yang berperang bersama Nabi sehingga mati syahid.
  5. Barang siapa yang membaca ayat Al-Kursi ketika dalam kesempitan niscaya Allah SWT berkenan memberi pertolongan kepadanya.

Jujur saja yang saya ketahui sebelumnya manfaat Ayat Kursi adalah mengusir setan, jadi kalau bulu kuduk merinding dan ada teman yang kesurupan tinggal dibacain Ayat Kursi biar setannya lari terbirit-birit karena kepanasan.

Promosi Blog

Idah juga rajin mempromosikan blognya secara online melalui kegiatan blogwalking, ikutan kontes blog dan sering menang, dan Facebook dengan bergabung di Warung Blogger serta aktif di sana. Tidak heran dalam waktu 1 tahun, pengunjung blognya sudah banyak dan rela memberikan komentar, ditambah Idah orangnya memang supel dan ramai.

“Senyum Bersama Langkah Catatanku”

give-away-langkah-catatanku

4 thoughts on “Review Blog: Langkah Catatanku

  1. Hallooo Mba Cahya. ..
    Bagaimana kabar nih?😉

    Eheeem, saya malah baru sadar kalau ada “aku” dan “saya”.😆 Makasih atas koreksinya lho, Mba.🙂

    Review Blog yang sangat lengkap. Saya sengaja gak memasang widget arsip selama GA berlangsung, Mba. Supaya teman2 pada ubek2. hihihihi

    Terimakasih sudah ikut meramaikan syukuran GA Langkah Catatanku, Mba. ^_*

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s