Lebih Hati-Hati Lagi dalam Berlisan

Apa bagian tubuh ikan yang paling cepat membusuk? (Ibu-ibu yang biasa masak seharusnya tahu ini). Ya, kalau Anda jawab mulut itulah jawaban yang paling benar, mulut ikan ada di kepala ikan, bagian ini yang paling cepat membusuk. Mulut ikan adalah bagian paling depan dari tubuh ikan.

Jaga mulut, karena mulut yang bisa membuat aku cepat membusuk.

Hidup akan semakin cepat membusuk apabila tidak mampu menjaga mulut. Para pendusta, para pengumbar janji yang tidak ditepati, para penasihat yang jago berlisan tapi tidak ada tindakan (NATO-No Action Talk Only) dan tidak menjaga amanah, para penghina/pencerca. Semuanya aktivitas tersebut membutuhkan mulut. Jika mulut tidak digunakan dengan tepat dan tindakan yang tepat juga maka akan membusuk di hati banyak orang, orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya.

Mesti lebih hati-hati lagi dalam berlisan agar tidak busuk kehidupan saya di hati orang yang pernah berinteraksi dengan saya dan terutama di pandangan Allah.

Mulut di zaman serba tehnologi canggih saat ini tidak hanya mulut yang ada di tubuh kita. Tapi termasuk status di Facebook (Facebook saya sudah saya tutup akunnya untuk sementara waktu atau malah mungkin untuk selamanya, ntahlah), tweet di twitter, curahan hati di blog atau website, status di BBM-an (saya ga punya BB, Alhamdulillah), balas komentar di dunia maya.

Jaga mulut lisan maupun tulisan, dipikirkan baik-baik sebelum menulis atau berlisan, apabila tidak hati-hati kehidupan kita akan cepat membusuk di pandangan manusia dan di pandangan Allah. Jangan sampai lisan atau tulisan kita menyakiti orang lain yang berarti merusak kebahagiaan orang lain dan menambah dosa.

Makasi buat mbak calon Psikolog Klinis yang berlisan kalau hal-hal seperti itu ga aku tulis di Facebook, takut ntar dibilang …

 

6 thoughts on “Lebih Hati-Hati Lagi dalam Berlisan

    • Kita berbeda pendapat Pak. Saat tulisan itu telah dibaca oleh orang yang membuat tersinggung orang tersebut, walaupun tulisan itu sudah dihapus, bekas tulisannya masih teringat oleh yang baca tulisan.🙂

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s