Ateis

Ateis

Ateis

Ada yang belum tahu apa itu ateis? Ateis adalah sebuah pandangan yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan atau penolakan terhadap teisme. Ateisme  berasal dari Bahasa Yunani (atheos), yaitu orang yang keyakinan/kepercayaannya bertentangan dengan agama/kepercayaan yang sudah umum di lingkungannya. Caranya menyebarkan pemikiran asal yang diisi sedikit ilmiah, kritik terhadap agama yang sudah umum/ada.

Saat Yunani Kuno, kata sifat atheos berarti “tidak bertuhan”. Kata ini berarti adanya penolakan terhadap tuhan yang disengaja, dengan maksud “memutuskan hubungan kepada tuhan” atau “menolak adanya tuhan”. Atheos dikenal juga dengan nama “ateistik”.

Ateisme digunakan pertama kali dengan arti “kepercayaan tersendiri” yaitu ketidakpercayaan pada Tuhan monoteis. Abad ke-20, di zaman globalisasi membuat definisi ateis semakin melebar yang awalnya tidak percaya satu tuhan menjadi “ketidakpercayaan pada semua tuhan”.

Sulit sekali untuk menghitung jumlah ateis di dunia dan di Indonesia. Masyarakat di Indonesia masih banyak yang enggan melaporkan dirinya sebagai ateis untuk menghindar dari pandangan sosial yang negatif dan diskriminasi.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan para ateis seperti :

  • Benarkah tuhan itu ada?
  • Benarkah manusia berasal dari Adam?
  • Apakah benar Tuhan yang menciptakan semua alam semesta dan isinya?

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang selalu dibahas di group ateis di dunia maya.
Bagi ateis, jawaban semua pertanyaan di atas adalah: tidak. Tidak ada tuhan. Cerita tentang Nabi Adam, malaikat, setan, surga, dan neraka adalah mitos belaka, karena manusia adalah hasil proses evolusi, dari monyet. #Yang melihara atau punya monyet, lihat terus ya monyetnya apakah bisa berubah jadi manusia atau akan mati??? . Tidak ada yang mengatur alam semesta ini. Alam semesta ini berjalan sendiri tanpa adanya campur tangan makhkluk mitos yang dinamakan sebagai tuhan. Itulah pendapat-pendapat dan pemikiran-pemikiran daripada para ateis.

Itulah inti dari ateisme. Saat berdiskusi di forum ateis, biasanya ateis selalu berpegang pada fakta-fakta nyata dan sains *yang dibuat-buat para ateis aja, biar cocok gitu sesuai atau mendukung pendapatnya, sedangkan pendapat ateis lagi tentang para teis (penganut agama) selalu berpegang pada iman dan kitab suci, plus keyakinan membabi buta bahwa tuhan dan agama mereka adalah yang paling benar.

Hukum ateis di Indonesia : boleh karena tidak ada Undang-Undang yang mengatur bahwa ateis melanggar hukum karena pemikirannya atau pendapatnya yang rada nyeleneh bin aneh. Ada orang ateis yang menanyakan ke beberapa ahli hukum tentang ateisme di Indonesia. Jawabannya adalah, menjadi ateis tidak melanggar hukum. Namun, secara administrasi hanya tidak terdaftar saja.

Iklan

12 thoughts on “Ateis

  1. Saya sendiri tidak tahu dan tidak pernah berinteraksi dengan mereka. Mungkin orang-orang itu (atheis) mau cari enak sendiri dan mencari2 alasan untuk pembenar.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  2. belum ada hukum di indonesia yang mengatur tentang atheis ya? kalo dengan komunis apa bedanya ya? Soal menrbitkan buku, moga tiffa segera mendapat jalan untuk bisa merealisasikannya. Ada keinginan, pasti ada jalan.

  3. makasih ya udah ikut serta. saya catat dulu deh namanya. btw, memang lebih enak nerbitin di penerbit yg sudah punya nama. Kalo nerbitin sendiri, jualin nya rada sulit.Karena biasanya harga buku jadi mahal. Ada ongkir soalnya.

  4. Saleum
    Saya pernah berhadapan dengan penganut atheis di medan kira kira 2 Minggu yang lalu disebuah hotel. Sambil ngopi kami berdebat tentang asal usul alam semesta dan proses kehidupan. Syukurlah Saya bisa menjelaskan secara detail dan masuk akal pada nya sehingga dia ngopi sambil terdiam. saya puas banget….
    saleum dmilano

  5. mungki saja itu emang hidupnya akan lebih bebas, akan tetapi itu bebas hidup di dunia ini,
    salam kenal gan saya aziz tapi biasa dipanggil zendun sehingga saya buat blog dengan nama zendun karena itu nama kebiasaan panggila saya, saya dari Ponorogo kota Reyog

  6. Tiffa benar2 study di google untuk ini. Mantap….
    Btw, maaf ya, aku ga pernah sempat koment di sini. Udah baca 3x sih tapi tiap mo ninggalin jejak selalu ditarik salah satu Susindra.
    Good luck ya ngontesnya.

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s