Saran Buat Pendidik (Guru, Dosen, dan Orang Tua) dari Tiffa Episode 3

Sudah baca Saran Buat Pendidik (Guru, Dosen, dan Orang Tua) dari Tiffa Episode 1 dan Saran Buat Pendidik (Guru, Dosen, dan Orang Tua) dari Tiffa Episode 2?? Lanjut ya…

Ini pengalaman pribadi juga sich sebenarnya…dari SLTP, SLTA dan kuliah. Aku memiliki badan gemuk, dan terkadang Pendidik memang memanggil dengan sebutan-sebutan yang jatuhnya membuat pribadi menjadi minder. Jadi saran buat Pendidik untuk menghindari kalimat-kalimat yang mengintimidasi, seperti memanggilnya dengan panggilan ‘ndut’, ‘babon’, ‘gajah’, dan lain-lain. Karena agak susah menghindari panggilan tersebut dari mulut orang lain atau teman. Setidaknya anak/anak didik tahu kalau guru, dosen maupun orang tuanya tidak pernah ‘melecehkan’nya.

Oh, iya ini berlaku untuk “sebutan” yang lain dengan konotasi negatif termasuk memanggil dengan suku, asal daerah atau keturunan.

Nama atau panggilan adalah sebuah doa, orang tua sudah capek-capek mikir atau memberi nama yang baik untuk anaknya lalu Anda mengubah atau memanggil anak orang lain dengan seenak jidat. Siapa lu??

3 thoughts on “Saran Buat Pendidik (Guru, Dosen, dan Orang Tua) dari Tiffa Episode 3

  1. kebetulan jaman lalu Oyen pernah jadi guru, dan betul memang, jadi guru tidak sekedar mengajar, tapi juga pendidik dan pembina, maka perilaku pun harus diperhatikan, termasuk yang satu itu…

    salam kenal ya🙂

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s