Masjid Baitus Shabirin – Masjid Ramah Anak

Pernah melihat di masjid, anak – anak dilarang ikut shalat bersama orang dewasa? Pernah lihat di masjid, shalat anak – anak dan orang dewasa dipisah tempatnya? Atau melihat anak – anak dimarahi karena berisik dan berlari – larian di masjid? Masjid menjadi tempat yang menyebalkan dan menyeramkan bagi anak – anak untuk “bermain”, sehingga menimbulkan “trauma” tersendiri bagi anak – anak kalau ke masjid saya akan dimarahi. Orang dewasa lupa kalau anak – anak adalah regenerasi penerus untuk meramaikan masjid ketika anak – anak dewasa kelak.

Masjid Baitus Shabirin termasuk salah satu masjid yang cukup ramah dengan anak. Anak – anak diberi penjelasan jangan berisik saat shalat. Anak – anak bisa bersamaan shalat dengan orang dewasa tanpa dipisah. Anak – anak boleh ikut buka puasa bersama. Beberapa anak diizinkan adzan dan iqamah, dihadapan para orang dewasa. Salah satu keponakan saya sudah diberikan kesempatan untuk iqamah 2 kali dan adzan 1 kali. Pulang dari masjid, keponakan saya lari ke rumah untuk memberi tahu mama dan gunk nini (nenek dalam bahasa Bali) dengan wajah sangat senang serta bersemangat. Tiap hari dan menjelang waktu shalat, ketiga keponakan saya sudah siap – siap untuk ke masjid bersama gunk kak (kakek dalam bahasa Bali) dan mama mereka. Untuk apa? Selain shalat tentu saja bermain dengan teman – teman kecil mereka.

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s