Memilih “Input” yang Baik

Siapa following Anda, siapa sahabat Anda, apa lingkungan Anda, apa buku yang Anda baca, akan mempengaruhi masa depan Anda.

Ada teman-teman yang turut menggelapkan dan membuntukan jalan kita. Ada pula yang mencahayakan.

Ikut teman-teman yang tidak jelas, nontonlah liputan-liputan dan tayangan-tayangan yang tidak jelas, maka masa depan kita akan turut tidak jelas.

Berarti teman, lingkungan dan tayangan-tayangan yang salah? Tidak juga. Kitalah yang salah karena tidak selektif dalam memilih input. Maka output yang keluar dari diri kita juga salah/jelek.

Jadi kita harus pilih-pilih teman? Bukan, semua jadi teman. Tapi hanya orang-orang tertentu yang jadi sahabat kita. Ini juga diisyaratkan oleh Nabi. Nabi pernah bilang kalau mau tahu seseorang, lihat sahabatnya, maksudnya kalau sahabat (yang diajak pergi luntang-lantung/orang yang sering berada di sekelilingnya) seseorang itu baik, maka seseorang tersebut juga baik. Begitu juga sebaliknya.

Pilihlah sahabat yang baik, sehingga akan membawa kita ke arah yang lebih baik. Tapi kita juga harus lebih dulu merubah perilaku kita ke arah yang baik, karena Allah memberikan lingkungan yang “sepadan” dengan Anda.

Begitu melihat orang-orang sukses, maka lihatlah orang-orang  dan lingkungan di sekitarnya. Lihat pula input-input yang diterimanya.

2 thoughts on “Memilih “Input” yang Baik

  1. betul ikutilah yang baik dan jauhi yang buruk, membentengi diri itu penting agar tidak mudah terpengaruh hal-hal yang negatif🙂

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s