Pembeli adalah Raja???

Sering denger kalimat ini khan??? menurut saya kalimat ini cukup sering tidak diberlakukan pada orang atau pelayan di perusahaan atau usaha pribadi yang sudah sangat-sangat terkenal dan laris jualannya.

Beberapa kali pengalaman saya membeli makanan di warung pinggiran yang laris di dekat kos saya :

  1. Ada penjual yang membentak saya dan setiap saya membeli tidak pernah mengucapkan terima kasih dengan wajah jutek si penjual. Lama ga ke sana semenjak dibentak itu penjual (karena pikir saya, halo ini Yogya, banyak yang jual makanan macam kamu, tinggal beralih saja). Setelah lama ga ke sana, kangen juga rasa makanan tersebut, eh tumben-tumbennya itu pedagang bilang terima kasih.
  2. Sering ga Anda mengalami hal yang sama dengan saya? Tidak ada uang kembalian lalu diganti permen atau kerupuk!!! Saya tidak tahu apakah itu tehnik jual mereka agar barangnya laku dan untung?? dengan tidak menyediakan uang kembalian receh???
  3. Penjual tidak mengucapkan terima kasih.
  4. Pembeli yang antri lebih dulu tidak dilayani lebih dulu, yang penting siapa yang duluan ngerebut tempat antrian, itu yang dilayani lebih dulu…
  5. Penjual yang memasang tampang jutek.
  6. Penjual terlihat tidak ikhlas dalam melayani.

Penjual di sini berlaku juga untuk karyawan yang bekerja dibidang dalam melayani orang lain, seperti teller, customer service, kasir, petugas pom bensin, pramugari, dan yang lainnya.

Masihkah slogan pembeli adalah raja itu berlaku? atau yang berlaku adalah pembeli yang butuh jadi suka-suka penjual, ntahlah???

6 thoughts on “Pembeli adalah Raja???

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

