Dewasa Itu…

Tadi saat saya ke perpustakaan kampus, saya menemukan tulisan yang menurut saya sangat bagus (selera orang/pendapat orang berbeda-beda khan?)

Seperti ini tulisannya (ini tulisan dari adik angkatan saya saat s1, kami wisuda bareng di hari yang sama.

“Seseorang yang dewasa bukanlah orang yang mencari kebahagiaan. Seseorang dikatakan dewasa jika dia bisa menciptakan kebahagiaan bagi orang lain maupun untuk dirinya sendiri.”

Jadi dewasa versi adik angkatan saya itu apabila orang MAMPU menciptakan kebahagiaan tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk kebahagiaan orang lain baru bisa dikatakan dewasa, tidak hanya salah satu saja. Indah banget apabila itu terjadi.

Tapi jujur sampai detik ini saya kuliah di Fakultas Psikologi, saya belum pernah menemukan teori tentang definisi “dewasa itu apa?” Teori yang saklek dari para ahli Psikologi, ntah apa karena saya tidak menekuni bidang Psikologi Klinis sehingga tidak tahu tapi sebenarnya ada atau… memang belum ada teori itu. Ntahlah. Seperti kayak definisi empati itu apa? Saya tahu karena memang sudah ada teori dari ahli Psikologi. Mungkin ada teman-teman narablog yang tahu  teori Psikologi tentang dewasa itu apa?

Kalau menurut teman-teman dewasa itu apa? Share ya…

14 thoughts on “Dewasa Itu…

  1. Saya setuju dengan teori itu,
    Karena kedewasaan bukanlah memikirkan diri sendiri, entah itu bahagia tau pun senang dalam sisi kehidupan.
    bisa dibilang kedewasaan itu sangat erat dengan ke ikhlasan, jika dalam teori ini, mungkin akan sedikit sakit memang tapi itu adalah sebuah pelajaran untuk pencapaian sebuah pendewasaan lagi.
    hehe..😀 ||Cuma komentar menurut saya aja🙂

    • Katanya begitu, Tua itu Pasti, Dewasa itu Pilihan. Nah pengertian dewasa itu sendiri seperti apa sehingga bisa dikatakan dewasa?

  2. Bagi saya cowok yang dewasa itu saat dia mampu memahami hati cewek. sedang cewek dia bisa dikatakan dewasa jika bisa menentukan jalannya sendiri untuk menuju masa depan yang cerah.

    • Sy jg suka definisi dewasa versi cewek. Klo dewasa versi cowok berarti dia ga perlu mampu memahami hati cowok juga ya?

    • Bagaimana dg lansia, mereka kemungkinan besar akan diurus oleh anak cucunya atau panti jompo? Lansia (usia 80 tahun ke atas yg biasanya sudah agak belum bs mengurus dirinya sendiri lg krn faktor usia)

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

