Bersiap Menghadapi Gempa

Yogyakarta, 27 Januari 2014

Wuah, sekitar jam 10an malam, waktunya orang tidur dan menggunakan pakaian minim untuk bersiap-siap tidur. Tara… Yogya gempa lagi, goncangan gempanya lebih tinggi dari yang tanggal 25 Januari 2014.

Awalnya Cahya kira itu kucing di atas atap berisik, gojlak-gojlak sehingga barang-barang pada bunyi. Tahunya kok tempat tidurku bergerak ya? Dan makin lama semakin kencang. Sadar kalau gempa, langsung pakai celana pendek dan cari-cari kunci, lemas lah badanku berada di kamar yang goyang-goyang dalam keadaan mencari kunci yang ga ketemu-ketemu.

Sepertinya benar tahun 2014, Jogja harus bersiap menghadapi gempa (yang mudah-mudahan ga sampai merobohkan rumah-rumah dan bikin orang banyak yang meninggal.)

Pertama yang harus saya siapkan adalah harus dalam keadaan pakaian yang siap untuk dipakai keluar (minimal tersedia jaket) jadi kalau pakai tank top alias you can see everything, Cahya bisa langsung segera ambil jaket dan memakainya.

Kedua, kunci harus nyantel di pintu kamar kos. Ga boleh jauh-jauh dari pintu kamar kos. Setidaknya kalau gempa, dan kuncinya jatuh dari pintu, Cahya mudah cari kuncinya.

Ketiga, harus siap sedia uang kontan di tangan minimal 500.000 rupiah. Jadi kalau terjadi apa-apa minimal bisa bertahan untuk hidup dengan uang tersebut untuk membeli makanan, tidak mengungsi di masjid atau rumah orang lagi untuk makan mi rebus doank.

Keempat, tas plastik yang harus siap dibawa kalau terjadi sesuatu hal yang sangat genting. Berisi dokumen penting, laptop, uang yang 500.000 rupiah, dan beberapa pakaian untuk dibawa “kabur”.

Ada yang mau menambahkan?

Semoga tidak terjadi gempa lagi di Jogja dan Bali. Di Indonesia juga jangan terjadi bencana alam. Aamiin.

Mari (berusaha) taubat pada Allah.#Ngomong ke diri sendiri untuk diri sendiri.

Iklan

One thought on “Bersiap Menghadapi Gempa

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s