Yang Lebih Muda Harus Lebih Baik daripada Yang Tua

Di keluargaku itu ada semacam petuah yang harus diusahakan sekali yaitu anak harus lebih baik dari orang tua, dari segi apapun, pendidikan, keuangan, ibadah, akhlak, keahlian. Sedikit ribet sich tapi menjadi motivasi tersendiri untuk membuktikan ke orang tua walaupun belum sepenuhnya berhasil bagiku.

Kemarin, 6 Juli 2012, ada pengumuman semacam SPMB (pada jamanku dulu), tes seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, ga dipungkiri kalau di Indonesia, Negeri selalu manjadi pilihan favorit dan masih menjadi yang terbaik, makanya ada tes seleksi masuk yang ketat yang diperjuangkan ribuan orang.

Saya dulu pun begitu saat masuk di Sekolah Negeri apalagi Negeri favorit bukan asal Negeri, ada kebanggaan tersendiri bisa nembus, apalagi kalau masuk Eksak (IPA), berasa punya harga diri aja karena pasti dipandang keren sama orang tapi keren prestasi yang memang layak dibanggain tanpa perlu pamer gembar-gembor sana sini, cerita sana sini. Sehingga memang beberapa orang yang kukenal saat s1 berkuliah di Universitas Swasta jadi berubah sikap saat ambil kuliah di s2 Negeri, jadi kelihatan lebih “eksklusif” aja, wajar.

Bude-budeku dari pihak mama  dan orang tuaku sendiri pernah menjadi mahasiswa UGM, dan saya berani jamin sebenarnya ada keinginan dari para orang tua kalau anak-anaknya menjadi mahasiswa UGM tapi apa daya, saya dengan kakak saya tidak keterima di Fakultas favorit atau Fakultas impian kami di UGM, kalau keterima mungkin ya Fakultas yang sama sekali ga favorit di UGM yang persaingannya sedikit orang dan ayah lebih memilih mengambil Fakultas favorit  di Universitas Swasta yang agak sedikit punya nama. Dan saya punya kenalan 2 orang di kampus saya pada jaman s1 adalah 2 mahasiswa yang mengundurkan diri dari UGM dengan alasan merasa ga cocok dengan pilihan fakultasnya.

Tapi tadi pagi saya kirim sms ke sepupu saya dari pihak mama, yang anaknya alias keponakan saya baru-baru ini tes di UGM keterima jadi mahasiswa UGM, alhamdulillah. Sebenarnya kalau dari pihak bokap sudah ada 3 sepupu saya yang alumni UGM. Tapi keponakan saya ini masih mau nyoba tes masuk di UI dalam waktu dekat ini, mungkin karena tinggal di Pamulang jadi dekat dengan UI daripada UGM.

Baiklah keponakanku, dirimu telah membuktikan kalau dirimu lebih baik dari tantenya (saya) dan harus selalu lebih baik dari saya atau (“Yang Tua” lainnya). Sukses buat dirimu.

3 thoughts on “Yang Lebih Muda Harus Lebih Baik daripada Yang Tua

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

