ATM

Yogyakarta, 8 November 2013

ATM. Amati Tiru Modifikasi. Bukan, saya tidak sedang membicarakan bisnis tapi yang saya maksudkan adalah anjungan tunai mandiri.

Jadi waktu itu saya ambil uang di daerah Tarumartani.

Sebal banget waktu ada sepasang lawan jenis nyerobot antrean dengan cepat. Mana lama pula di dalam ATMnya itu cowok dan cewek. Pas giliran saya masuk ATM, saya curiga ATMnya bunyi tit tit terus menerus. Dulu juga pernah, satu kali dan saya tidak mengalami masalah dengan ATM berbunyi tersebut. Saya melakukan transaksi seperti biasanya, ambil uang sebesar 500 ribu. Kartu ATM saya keluar, dan…. mesin ATM mati tanpa uang saya keluar plus kertas buktinya.

Langsung bilang ke antrean selanjutnya, ATMnya mati tapi uang saya ga keluar. Cewek tersebut cuma melengos pergi. Saya buru-buru ke ATM lain yang terdekat. Antrean di depan saya itu cewek yang melengos tadi. Giliran saya ngecek saldo… tara… saldo saya berkurang 500 ribu. Asli PANIK BANGET. Cepet-cepet ke ATM sebelumnya. Konyolnya saya coba buka tempat uang keluar, tapi tempat uangnya tertutup rapat. Langsung telepon  ke 14000, suruh tekan angka 1, aduh telepon saya layar sentuh, dan saya ga ngerti pencet nomernya kalau sedang nelepon, jadi telepon terputus terus sebanyak dua kali. Mana hape yang bukan layar sentuh ga saya bawa juga. Pinjem hape pak satpam buat nelepon. Dicek data bolak-balik, disuruh tunggu selama 15 menit, kalau ATMnya belum nyala disuruh buat surat pelaporan di Bank cabang terdekat. Ampun, saking paniknya karena waktu bank akan tutup tinggal 45 menit lagi, saya sampai lupa bilang terima kasih ke Pak Satpamnya. Nerobos hujan deras (ga sempet mikir pakai jas hujan), cepat-cepat ke kos, ambil buku tabungan dan langsung menuju Bank cabang terdekat.

Sebel banget sama Pak Satpam disuruh cek saldo di ATM yang ada di luar Bank, tadi saya sudah cek. Akhirnya kalah juga saya, mau ga mau saya ngecek saldo di ATM, dan memang berkurang belum balik saldo saya. Dikasih nomer antrean sama Pak Satpam. Pakaianku basah semua, dandanan sudah ga jelas wujudnya (ga sempet mikir mau ganti pakaian). Tiba giliran saya. Biasa ditanya data diri lagi. Ada perbedaan jawaban saya dengan data di Bank. Saya ambil uangnya di ATM Tarumartani, tapi data di bank saya ambil di Hotel Abadi jalan Jenderal Sudirman. Kok ambil uangnya jauh banget? Aduh saya ga ngambil uang di sana. Tapi lagi-lagi mengalah dengan prosedur. Curiga dengan ATM yang berbeda. Ini kalau sampai 20 hari uang saya ga balik, terus gimana? Bisa banding. Pasrah.

Keluar dari Bank, langsung mampir ke ATM ambil uang 500 ribu lagi. Rencana saya ambil uang, langsung ke Natasha dan belanja di Pamella ga jadi. Sudah terlanjur sebal tingkat akut. Pulang ganti baju, dan sekitar setengah 6 sore menuju semacam kafe untuk belajar TOEFL bareng Akber Jogja dan Englicious Jogja.

Untitled

Salah satu gurunya yang laki-laki waktu kenalan dengan saya jabat tangan, mukanya dekat sekali dengan muka saya, jaraknya sekitar satu jengkal saking dekatnya. Yang bikin kaget lagi waktu foto bareng ini, guru tersebut merangkul bahuku lumayan lama. Untung gurunya ganteng, ramah, plus pintar. Lulusan S2 jurusan Bahasa Inggris. Saya selalu suka dekat dengan orang yang pintar.

Selasa pagi, sekitar jam 12an pagi, saya cek saldo saya melalui internet banking. Saldo saya sudah balik 500 ribu. Jadi satu hari kerja, saldo saya sudah balik di hari Senin. Sip sip lah.

One thought on “ATM

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam maka akan saya hapus. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

